materi kuliah

Selasa, 22 November 2011

Cara Memback-up Template Blogger

Cara Memback-up Template Blogger

Buat para Blogger mania pasti sering dong mengoprek-oprek template yang disediakan, soalnya templatenya sedikit and fasilitasnya kurang tidak seperti yang ada di wordpress. Tapi Blogger punya kelebihan yaitu kita bisa memodifikasi template yang ada semau kita, tidak seperti di wordpress. Di wordpress jika kita mau mengedit template harus bayar dulu, iiihhhh, emangnya kita kaya po? kita kan orang-miskin ya nggak? :D . Tapi sebelum kita mengoprek-oprek template alangkah bijaksananya jika kita memback-up dulu templatenya, Lho? fungsinya apa?, supaya kalo kita ngoprek-ngopreknya salah bisa dikembalikan kembali seperti semula, seperti di restore gitulah. Nha, gimana caranya memback-up template di blogger? gini nih caranya:

Pertama-tama tentu kamu harus Login dulu dong, trus Pilih Layout -->> Edit HTML. Nha disitu kan ada gini before editing ypoour template, you may want to save a copy of it. Download Full Template> , klik yang ada tulisan Download Full Template terus simpan file tersebut, biasanya file dalam format xml.

Nha kalo mo memasang template baru atau template yang sudah diedit ato mo mengembalikan template ke sebulmnya kamu tinggal klik tombol Upload yang ada dibawahnya. OK BOZZ.. Good Luck Ya.....

Cara Membuat Kategori / Label di Blogger

Artikel-artikel yang diposting, kadang-kadang memang perlu untuk dikelompokkan atau dikategorikan sesuai dengan tema/topiknya. Dengan adanya pengkategorian atau pengelompokan artikel yang telah diposting dapat lebih mempermudah bagi para pembaca untuk memilih artikel mana yang ingin dibaca. Di Blogger untuk membuat kategori dikenal dengan istilah Label.

Dalam episode kali ini (kayak sinetron aja pake istilah "episode") saya akan mencoba membahas mengenai bagaimana cara untuk membuat kategori atau label. Pertama-tama yang harus kamu lakukan yaitu membaca "Bismillah" he..he.. :)
Login ke blogger lalu Klik Posting --> Edit Post

* Membuat Kategori / LabelPilih atau beri tanda centang pada artikel yang ingin diberi label/dikategorikan. Lalu pada Combo box (yang ada tulisannya "label action") pilih "New Label" lalu beri nama label tersebut.


jadi deh...

* Menghapus Kategori / Label
Beri tanda centang pada postingan yang ingin dihapus labelnya, trus klik combo box trus klik label dibawah tulisan "Remove label", Nha jadi deh....

* Mengganti Kategori / Label
Hapus dulu label yang ada, kemudian kasih label baru.


Trus bagaimana cara memasang/menampilkannya di blog?
Gini nih caranya:
1. Klik Template --> Page Elements
2. Tambahkan page elements kemudian pilih Label trus disitu atur sendiri :P
udah ngerti kan?
Selamat berbuka puasa, eh salah, selamat mencoba!!!...

Cara Menampilkan Recent Post (Postingan Terbaru)

Kamu pingin nampilin postingan terbaru (Recent Post) kamu di side bar?
Kalo pingin, beginilah caranya :

1. Login to Blogger kemuduan pilih "Layout"
2. Klik pada "Page Element" trus pilih "Add a Gadget --> HTML/Javascript" (Tempatnya terserah kamu).
3. Copy kode berikut ini dan taruh dalam kotak "content".

<script src="http://www.geocities.com/uddin_81/recent-post.js"></script>
<script>var numposts = 10; var showpostdate = false; var showpostsummary = false; var numchars = 100; </script>
<script src="http://YOURBLOGNAME.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=rp">
</script>


4. Ganti YOURBLOGNAME dengan nama blog kamu.
5. Angka "10" menunjukkan jumlah "Recent Post" yang ditampilkan, kamu bisa menggantinya
6. Terus Simpan.

Nha coba lihat blog kamu, udah nongol kan "Recent Post" kamu..

Membuat Artikel yg Berhubungan (Related Post)

Keuntungan menampilkan "Artikel yang berhubungan" atau "Related Post", "Related Article" adalah para pembaca blog bisa dengan mudah menemukan informasi lain yang masih ada hubungannya dengan artikel yg sedang mereka baca. Contohnya seperti yang ada dibagian akhir dari artikel ini, disitu ada link-link dari artikel yang berhubungan yang berdasarkan pada kategori ato label yang sama. Nha mau tahu cara membuatnya?


Caranya cukup mudah, ikuti langkah2 berikut ini:
1. Login ke blogger Blogger
2. Pilih menu "Layout-->Edit HTML"
3. Beri tanda centang pada kotak "Expand Widgets Template".
4. Kemudian download "SCRIPT INI"
5. Buka file tersebut kemudian copy semua script yang ada didalamnya.
6. Setelah itu cari kode ini <data:post.body/> dan letakkan script tadi dibawahnya. Untuk blog yang ada "readmore"nya biasanya akan terdapat 2 kode. Nha km taruhnya dabawah kode yang pertama.
7. Kalo sudah simpan template km dan lihat hasilnya.

Tambahan:
Setelah jadi, jika kamu ingin merubah tulisan "Related Posts by Categories" maka cari kode tersebut di HTML, trus ganti.

 

1 komentar:

  1. Best Esports betting site | eSport casino bonus codes
    Check 바카라 our list of the best Esports betting sites! The best esports bookmaker 메리트카지노 gives a variety of 메리트 카지노 주소 betting options Free Bet Bonus: The Bookmaker has

    BalasHapus